Cara Simpan Bawang Bombai Agar Tahan 1 Tahun 

Cara Simpan Bawang Bombai Agar Tahan 1 Tahun 

Metroterkini.com - Bawang bombai adalah bahan makanan yang cepat berubah teksturnya dan busuk saat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Sebaiknya ketahui cara simpan bawang bombai yang benar, khususnya bagi kamu yang membeli dalam jumlah banyak.  

Pasalnya, bawang bombai biasanya dijual satu kantung penuh di supermarket. Tips simpan bawang bombai untuk waktu lama ini juga berguna saat harga bawang bombai melonjak naik. 

Melansir laman All Recipes, cara simpan bawang bombai berdasarkan tempat penyimpananya:

1. Cara simpan bawang bombai pada suhu kamar 
Idealnya bawang bombai disimpan di tempat yang sejuk dan gelap dengan suhu antara tujuh derajat celsius dan 13 derajat Celsius. Bawang bombai mentah utuh yang disimpan di tepat yang sejuk dan kering dapat bertahan selama dua hingga tiga bulan. 

Kamu bisa menyimpan bawang bombai di ruang yang kering atau tidak lembab dan tidak mengalami perubahan suhu yang ekstrem.  

Bawang bombai mentah utuh dapat bertahan selama satu minggu.  Saat menyimpan bawang bombai pada suhu kamar, usahakan memberi ruang untuk bawang bombai. Caranya bisa diletakkan di kantong jaring, kantong kertas yang tertutup longgar, atau keranjang yang terbuka. 

2. Cara simpan bawang bombai di lemari pendingin 
Bawang bombai mentah utuh yang disimpan di lemari pendingin bisa bertahan lebih lama seminggu dari penyimpanan pada suhu ruang, yaitu sekitar dua minggu. Sementara bawang bombai yang sudah diiris dapat bertahan selama tujuh sampai 10 hari bila disimpan di lemari pendingin menggunakan wadah kedap udara. 

Namun, bawang bombai yang disimpan di lemari pendingin akan menyerap kelembaban, sehingga teksturnya jauh lebih lunak.  Menyimpan bawang bombai di lemari pendingin bukan pilihan yang terbaik, tetapi setidaknya dapat menghindari bawang dari kontaminasi bakteri. 

3. Cara simpan bawang bombai di freezer 
Bawang bombai mentah yang dibekukan di freezer dapat bertahan lebih lama dibanding menyimpannya di suhu kamar dan lemari pendingin, yaitu sekitar delapan bulan. 

Caranya, kupas bawang lalu potong atau iris sesuai kebutuhan. Setelah itu masukkan ke dalam wadah kedap udara seperti aluminium foil atau bungkus plastik, dan taruh di dalam freezer. Sementara untuk bawang yang dibekukan dalam kondisi sudah dimasak dapat bertahan hingga 12 bulan di wadah kedap udara. [**]

Berita Lainnya

Index